Selasa, 21 Agustus 2012

Soal Evaluasi Tematik Diklat Pasca UKA



Berikut contoh soal evaluasi Tematik [kelas rendah / I, II, III SD/MI] sesuai modul diklat pasca UKA.

Kerjakanlah soal- soal  dibawah ini dengan cara menyilang (X) salah satu jawaban yang Anda anggap benar.

1. Pembelajaran Tematik diperlukan bagi siswa yangduduk di kelas awal sekolah dasar karena
a. Pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan
b. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perkembangan usia anak
c. Pembelajaran mudah dilakukan oleh guru
d. Pembelajaran dilakukan berdasarkan kompetensi

2. Pada usia sekolah dasar anak memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif.
Pernyataan di atas merupakan ciri perkembangan berpikir secara . . .
a.  Hierarkies
b.  Konkrit
c.  Integratif
d.  Progresif

3. Pembelajaran tema memberikan banyak keuntungan diantaranya sebagai berikut ,Kecuali . . . .
a. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu..
b. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
c. Siswamampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalamtema yang sama
d.  Siswadapat belajar seperti kelas –kelas lain di tingkatsekolah dasar

4. Pembelajaran tematik yang berdasarkan berbagai kebijakan adalah pembelajaran yang berlandaskan ....
a.  Psikologis
b.  Filosofis
c.  Yuridis
d.  Humanisme

5. Proses pembelajaran yang memberikan siswa  kesempatan untuk  mengoptimalkan potensi yang dimiliki sesuaidenagn keinginan  dan  kebutuhannya merupakan karateristik pembelajaran tematik . . . .
a. Bersifat fleksibel
b. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat
c. Menggunakan prinsip-prinsip belajar sambil  bermain  dan menyenangkan.
d. Memberikan pengalaman langsung

6. Alasan pentingnya memahami karakteristik anak usia dini adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
a. Pengalaman awal sangat penting
b. Struktur kepribadian yang dibangun untuk sepanjang hidupnya.
c. Perkembangan fisik dan mental mengalami kecepatan luarbiasa, dibanding dengan sepanjang usianya.  .
d. Pembelajaran dilakukan sesuai dengan keinginan anak.

7. Hubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu sehingga akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap  matapelajaran. Jaringan tema ini dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktusetiap tema.
Pernyataan di atas merupakan . .
a.  Pemetaan
b.  Silabus
c. Jaringan Tema
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
8. Pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran tematik adalah . . .
a. hasil karya/kerja , wawancara, tertulis
b. tertulis,lisan, perbuatan, catan harian dan portofolio
c. kemampuan membaca, menulis, dan berhitung
d. mengikuti aturan penilaian  mata-mata pelajaranlain di Sekolah Dasar.

9. Komponen silabus terdiri atas . . . .
a. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian
b. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian
c. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, dan penilaian
d. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, alat/sumber,  dan penilaian

10. Rambu-rambu penulisan pembelajaran tematik adalah . . . .
a. Tema-tema yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik siswa, minat, lingkungan, dan daerah setempat
b. Semua mata pelajaran harus dipadukan dalam satu  tema
c. Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan tidak dapat diajarkan tersendiri
d. Kegiatan ini ditekankan tidak hanya kepadakemampuan  membaca,menulis, dan berhitung serta penanaman nilai-nilai moral

11. Model tematik yang kita laksanakan mengacu pada model pembelajaran terpadu....
a. webbeddan integrated
b. webbeddan pararel
c. integrateddan multi disipliner
d. connecteddan webbed
12. Pada pembelajaran tematik, guru harus mampu
a. pemetaan SK dan KD, menentukan tema, menyusun silabud, menyusun RPP
b. menentukan tema, menyusun silabud, menyusun RPP
c. menyusun silabud, menyusun RPP
d. menentukan tema dan menyusun RPP

13. Kegunaan pemetaan pada perencanaan pembelajaran tematik perlu dilakukan untuk
a. memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuhsemua Sk, KD, dan indikator
b. memperoleh gambaran tentang tema yang akan ditentukan
c. sebagai gambaran untuk menyusun silabus
d. sebagai gambaran untuk menyusun RPP

14. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan....
1. mengidentifikasi dan menganalisis setiap SK danKD
2. karakter peserta didik
3. karakter mata pelajaran
4. menggunakan karta kerja operasional
Jawaban yang paling tepat adalah
a. 1, 2, 3
b 1. 3, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 2, 3, 4

15. Pernyataan tentang “Dari yang sederhana menuju yang kompleks”, adalah pernyataan dari...
a. Cara menentukan tema
b. prinsip penentuan tema
c. cara menggunakan tema
d. teknik menentukan tema

16. Penilaian dalam pembelajaran tematik lebih terfokus kepada kemampuan...
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. membaca, menulis, berhitung

17. Strategi pembelajaran yang membentuk siswa menjadi ahli informasi adalah...
a. make a match
b. picture and picture
c. modelling
d. jigsaw.
18. Pembelajaran yang menggunakan media kartu soal dan kartu jawaban, merupakan implementassi model pembelajaran...
a. make a match
b. picture and picture
c. modelling
d. jigsaw

19. Pada tema “Pekerjaan”, guru mengundang seorang pedagang untuk bercerita tentang pengalamannya. Dalam pembelajaran tersebut guru telah memanfaatkan sumber belajar berupa...
a. pesan
b. orang
c.bahan
d. lingkungan

20. Pernyataan-pernyataan berikut ini berkaitan dengan prinsip penilaian dalam
pembelajaran tematik, kecuali:...
a. Penilaian di kelas I tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis
b. Penilaian mengacu pada indikator pada masing-masing kompetensi dasar
c. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama PBMberlangsung
d. Hasil karya siswa merupakan bahan masukan bagi guru dalam menilai siswa

Bila ingin mengunduh dokumen soal ini, silakan klik di sini

1 komentar: