Berikut contoh soal evaluasi Tematik [kelas rendah / I, II, III SD/MI] sesuai modul diklat pasca UKA.
Kerjakanlah soal- soal dibawah ini
dengan cara menyilang (X) salah satu jawaban yang Anda anggap benar.
1. Pembelajaran Tematik diperlukan bagi siswa yangduduk di
kelas awal sekolah dasar karena
a. Pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan
b. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perkembangan usia
anak
c. Pembelajaran mudah dilakukan oleh guru
d. Pembelajaran dilakukan berdasarkan kompetensi
2. Pada usia sekolah dasar anak memandang sesuatu yang
dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari
berbagai disiplin ilmu, hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif.
Pernyataan di atas merupakan ciri perkembangan berpikir
secara . . .
a. Hierarkies
b. Konkrit
c. Integratif
d. Progresif
3. Pembelajaran tema memberikan banyak keuntungan
diantaranya sebagai berikut ,Kecuali . . . .
a. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema
tertentu..
b. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
c. Siswamampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai
kompetensi dasar antar matapelajaran dalamtema yang sama
d. Siswadapat belajar
seperti kelas –kelas lain di tingkatsekolah dasar
4. Pembelajaran tematik yang berdasarkan berbagai kebijakan adalah
pembelajaran yang berlandaskan ....
a. Psikologis
b. Filosofis
c. Yuridis
d. Humanisme
5. Proses pembelajaran yang memberikan siswa kesempatan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki
sesuaidenagn keinginan dan kebutuhannya merupakan karateristik
pembelajaran tematik . . . .
a. Bersifat fleksibel
b. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat
c. Menggunakan prinsip-prinsip belajar sambil bermain
dan menyenangkan.
d. Memberikan pengalaman langsung
6. Alasan pentingnya memahami karakteristik anak usia dini
adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
a. Pengalaman awal sangat penting
b. Struktur kepribadian yang dibangun untuk sepanjang
hidupnya.
c. Perkembangan fisik dan mental mengalami kecepatan
luarbiasa, dibanding dengan sepanjang usianya.
.
d. Pembelajaran dilakukan sesuai dengan keinginan anak.
7. Hubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu
sehingga akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari
setiap matapelajaran. Jaringan tema ini
dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktusetiap tema.
Pernyataan di atas merupakan . .
a. Pemetaan
b. Silabus
c. Jaringan Tema
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
8. Pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran tematik adalah .
. .
a. hasil karya/kerja , wawancara, tertulis
b. tertulis,lisan, perbuatan, catan harian dan portofolio
c. kemampuan membaca, menulis, dan berhitung
d. mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaranlain di Sekolah Dasar.
9. Komponen silabus terdiri atas . . . .
a. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian
b. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, pengalaman
belajar, alat/sumber, dan penilaian
c. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
pengalaman belajar, dan penilaian
d. standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, alat/sumber, dan penilaian
10. Rambu-rambu penulisan pembelajaran tematik adalah . . .
.
a. Tema-tema yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik
siswa, minat, lingkungan, dan daerah setempat
b. Semua mata pelajaran harus dipadukan dalam satu tema
c. Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan tidak dapat diajarkan
tersendiri
d. Kegiatan ini ditekankan tidak hanya kepadakemampuan membaca,menulis, dan berhitung serta
penanaman nilai-nilai moral
11. Model tematik yang kita laksanakan mengacu pada model
pembelajaran terpadu....
a. webbeddan integrated
b. webbeddan pararel
c. integrateddan multi disipliner
d. connecteddan webbed
12. Pada pembelajaran tematik, guru harus mampu
a. pemetaan SK dan KD, menentukan tema, menyusun silabud,
menyusun RPP
b. menentukan tema, menyusun silabud, menyusun RPP
c. menyusun silabud, menyusun RPP
d. menentukan tema dan menyusun RPP
13. Kegunaan pemetaan pada perencanaan pembelajaran tematik
perlu dilakukan untuk
a. memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuhsemua Sk,
KD, dan indikator
b. memperoleh gambaran tentang tema yang akan ditentukan
c. sebagai gambaran untuk menyusun silabus
d. sebagai gambaran untuk menyusun RPP
14. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan....
1. mengidentifikasi dan menganalisis setiap SK danKD
2. karakter peserta didik
3. karakter mata pelajaran
4. menggunakan karta kerja operasional
Jawaban yang paling tepat adalah
a. 1, 2, 3
b 1. 3, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 2, 3, 4
15. Pernyataan tentang “Dari yang sederhana menuju yang
kompleks”, adalah pernyataan dari...
a. Cara menentukan tema
b. prinsip penentuan tema
c. cara menggunakan tema
d. teknik menentukan tema
16. Penilaian dalam pembelajaran tematik lebih terfokus kepada
kemampuan...
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. membaca, menulis, berhitung
17. Strategi pembelajaran yang membentuk siswa menjadi ahli
informasi adalah...
a. make a match
b. picture and picture
c. modelling
d. jigsaw.
18. Pembelajaran yang menggunakan media kartu soal dan kartu
jawaban, merupakan implementassi model pembelajaran...
a. make a match
b. picture and picture
c. modelling
d. jigsaw
19. Pada tema “Pekerjaan”, guru mengundang seorang pedagang
untuk bercerita tentang pengalamannya. Dalam pembelajaran tersebut guru telah memanfaatkan
sumber belajar berupa...
a. pesan
b. orang
c.bahan
d. lingkungan
20. Pernyataan-pernyataan berikut ini berkaitan dengan
prinsip penilaian dalam
pembelajaran tematik, kecuali:...
a. Penilaian di kelas I tidak ditekankan pada penilaian
secara tertulis
b. Penilaian mengacu pada indikator pada masing-masing
kompetensi dasar
c. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama
PBMberlangsung
d. Hasil karya siswa merupakan bahan masukan bagi guru dalam
menilai siswa
Bila ingin mengunduh dokumen soal ini, silakan klik di sini
buku lks tematik ada tidak yaa
BalasHapus